Rabu, 27 Juli 2011

TEMU LAPANG DAN PENUTUPAN KEGIATAN SLPHT Kelompok Tani " MANUNGGAL KARYA "

Rabu 27 Juli 2011 Kelompok tani MANUNGGAL KARYA, Klajuran, Tanjungharjo mengadakan temu lapang dan penutupan kegiatan SLPHT Padi. Hadir dari BPTP Propinsi DIY, perwakilan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulon Progo , Camat Nanggulan beserta unsur Muspika, Tim Penyuluh BPP, Kepala desa dan pengurus serta anggota kelompok tani. Dalam kesempata tersebut dari BPTP propinsi DIY berharap kedepanya kelompok tani mampu untuk budidaya tanaman sehat dan mengurangi penggunaan pestisida karena sudah dapat memproduksi beveria basiana. L Bowo Pristyanto selaku Camat Nanggulan yang sangat peduli dengan bidang pertanian,  menyampaikan  bahwa pada saat ini petani harus tanggap dan mau melakukan ujicoba teknologi baru yang semakin berkembang untuk meningkatkan  kemampuan  dan kesejahteraan petani. Pada acara tersebut semua petani peserta SLPHT diberikan sertifikat.

Selasa, 26 Juli 2011

STUDY BANDING TIM PENYULUH BPP NANGGULAN dan GAPOKTAN WIJI MANUNGGAL di LOKASI UJICOBA PADI HIBRIDA

  
Selasa 26 -07-2011 Tim Penyuluh BPP Nanggulan bersama dengan Kelompok tani se Desa Wijimulyo yang tergabung dalam GAPOKTAN WIJIMANUNGGAL mengadakan study banding pada lokasi ujicoba  berbagai Varietas Padi Hibrida, termasuk didalamnya Mapan P 05, tepatnya di kelompok tani Sido Makmur,  Pedukuhan Kintelan, Bambanglipuro, Bantul. Lokasi tersebut merupakan lahan ujicoba yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Padi yang bekerja sama dengan kelompok tani Sido Makmur. Didalam ujicoba tersebut nantinya akan diambil varietas yang sesuai untuk pergiliran varietas selain IR 64 dan Ciherang. Dalam acara yang diprakarsai oleh Puji santoso dari Primasid , petani dipersilahkan untuk melihat secara langsung ujicoba tanaman padi sekaligus menyampaikan beberapa keterangan kaitanya dengan Varietas Hibrida MAPAN P05

Minggu, 17 Juli 2011

MUSYAWARAH TATA TANAM TAHUN 2011/2012

Menindak lanjuti hasil koordinasi di Balai Penyuluhan Pertanian Nanggulan tentang Pola Tanam dan Tata Tanam pada tanggal 4 Juli 2011 yang lalu, maka Gabungan kelompok tani di masing-masing desa se kecamatan Nanggulan telah mengadakan musyawarah tata tanam. Adapun acara tersebut dihadiri dari unsur desa, pendamping teknis maupun aparat lainnya. Pertimbangan utama dalam musyawarah  tata tanam tersebut, adanya serangan  OPT yang cukup merugikan petani pada musim tanam lalu.  Hasil musyawarah antara lain dapat disimpulkan ; Pola tanam Padi-Padi-Palawija. tata tanam dengan interval waktu maksimal 2 minggu, Pengolahan tanah dimulai minggu III Juli 2011, Sebar antara 1- 10 Agustus 2011. Varietas yang ditanam Ciherang dengan menerapkan teknologi PTT dengan pendampingan SLPTT di 63 kelompok tani.

Senin, 04 Juli 2011

KOORDINASI PELAKSANAAN KEGIATAN SLPTT PADI TAHUN 2011

 
Dalam rangka mensukseskan program peningkatan produksi beras nasional, pada  hari Senin, 4 Juli 2011 di BPP Nanggulan diadakan koordinasi  pelaksanaan SL PTT padi tahun 2011. Hadir tim Penyuluh BPP Nanggulan, THL TBPP, Petugas P3D TPH, POPT  Kec. Nanggulan dan seluruh Ketua/ pengurus kelompok tani pelaksana SL PTT serta mitra petani dari Primasid.  Koordinasi dipandu oleh koordinator PPL BPP Kec Nanggulan . Dalam kesempatan tersebut  disampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan SLPTT Padi tahun 2011. Pada acara  tersebut mitra dari Primasid memberikan benih padi MAPAN P05 sebanyak 25 paket  kepada beberapa kelompok tani  untuk  uji coba sebagai alternatif pergiliran varietas diwaktu yang mendatang. Selain itu juga dilakukan  desiminasi teknologi sistem tabela dari Bayer.