Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Selasa, 16 November 2010

Pengerukan intake saluran irigasi Kalibawang

 
Erupsi Merapi pada awal November 2010 selain menimbulkan korban jiwa warga sekitar lereng Merapi, juga menimbulkan hujan abu vulkanik di sekitar kabupaten Kulon Progo, serta penimbunan material lahar dingin di saluran irigasi Kalibawang, baik yang menuju wilayah Kulon Progo maupun kota Yogyakarta, sehingga kedua saluran irigasi ini mati total. 
Berbagai upaya pun telah dilakukan oleh Dinas terkait. Tampak dalam gambar di antaranya pengerukan material yang menutupi intake saluran irigasi Kalibawang untuk wilayah Kulon Progo menggunakan  3 buah alat berat. Pengerukan saluran yang normalnya berdebit 7000 liter/detik ini dijadwalkan dalam 25 hari kalender, namun diharapkan selesai dalam 14 hari mengingat pentingnya saluran irigasi tersebut untuk mencukupi kebutuhan air bagi tanaman padi di wilayah kecamatan Kalibawang, Nanggulan, dan Sentolo yang telah memasuki awal musin tanam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar