Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Rabu, 23 Agustus 2023

PEMBUATAN AGENSIA HAYATI BEVERIA BASIANA DAN TRICHODERMA

    Hari ini tanggal 23 Agustus 2023, diadakan pertemuan ke 5 Program Pemberdayaan Petani dalam Pemasyarakatan PHT (P4) di Klinik Tanaman Prima, Kalurahan Tanjungharjo, Nanggulan. Hadir dalam acara tersebut dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), POPT dan BPP Nanggulan, serta peserta P4 sebanyak 12 orang yang tergabung dalam Gapoktan Tanjung Lestari Kalurahan Tanjungharjo.
    Agen Pengendali Hayati atau biasa disingkat APH merupakan mikroorganisme yang dikembangkan secara alami dan melalui metode rekayasa genetik yang dimanfaatkan untuk mengendalikan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT). Penggunaan APH semakin lama semakin dibutuhkan para petani, maka dari itu perlu adanya usaha dalam eksplorasi dan perbanyakan agensia hayati seperti beauveria bassiana, trichoderma, metarizhium melalui program P4.
    Pertemuan kali ini dilakukan perbanyakan Beauveria Bassiana, Trichoderma, dan pembuatan media agar. Dimulai dengan pengukusan beras dan jagung, pendinginan, pengemasan, inokulasi, dan penyimpanan. Kemudian perebusan agar, pemindahan ke tabung erlenmeyer, sterilisasi, pemindahan ke cawan petri dan ke tabung reaksi, lalu pendinginan.
    Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta lebih mahir dalam pembuatan dan perbanyakan APH, dapat memanfaatkan APH di lahan masing-masing, dan dapat memasarkan APH tersebut ke petani maupun kelompok-kelompok tani.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar