Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Rabu, 21 April 2010

Hasil Uji Laboratorium Pupuk Organik Kelompok Tani STP Margorukun

Menindaklanjuti pelatihan pembuatan pupuk organik yang digencarkan oleh BPP Nanggulan, Kelompok Tani STP Margorukun Kemukus Tanjungharjo menyambut dengan membuat rumah kompos walaupun masih sederhana. Kelompok Tani yang dikomandoi Bpk Dalimin tersebut, dengan berbekal pengetahuan dan tekad yang tinggi berusaha memanfaatkan limbah kotoran ternak dan dedaunan menjadi pupuk organik yang memiliki kandungan unsur hara tinggi.
Hasil pembuatan pupuk organik tersebut telah diujicobakan sebagai pupuk dasar tanaman padi baik di lahan sawah maupun dalam pot-pot percobaan. Hasilnya, tanaman padi umur 45 hari tanam 1 tanpa pemupukan kimia telah menghasilkan 39 anakan produktif.

Dengan keyakinan yang tinggi pula, kelompok tani STP Margorukun mengujikan pupuk organiknya ke Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Hasil Uji Lab tertanggal 20 April 2010 menunjukkan bahwa kandungan C organik sebesar 21 %, C/N ratio 15,67 %, PH 7,68, N total 1,34 %, P total 0,52 %, K total 1,41 %, sesuai dengan standar mutu pupuk organik yang ditetapkan Pemerintah (Permentan NO.2/Pert./HK.060/2/2006).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar