Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Minggu, 25 April 2010

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Silase Jerami

 

Sabtu (24 April 2010), penyuluh pertanian BPP Nanggulan yang dikoordinatori Bp Hartono, A. Md mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan silase jerami padi di kelompok tani Karya Tani Tanjunggunung Tanjungharjo. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilaksanakan, menindaklanjuti program mandiri pupuk organik yang digencarkan BPP.

Pelatihan diawali dengan penyampaian informasi seputar kenaikan harga pupuk anorganik bersubsidi serta informasi rencana pemutusan air saluran induk Kalibawang terhitung dari tanggal 16 Juli - 31 Oktober 2010, mulai dari KM 0 sampai KM 24 (Kemukus Tanjungharjo) untuk kegiatan rehabilitasi berat. 

Dengan adanya kenaikan harga pupuk anorganik, diharapkan petani mampu memanfaatkan potensi limbah kotoran ternak dan sisa pertanian yang ada di sekitar pekarangan untuk dimanfaatkan/diolah menjadi pupuk organik yang mempunyai kandungan unsur hara yang komplit.
Selain itu dengan pelatihan pembuatan silase diharapkan petani mampu memanfaatkan sisa tanaman pertanian untuk dimanfaatkan secara optimal sebagai pakan ternak awetan yang lebih tinggi kandungan nutrisinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar