Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Kamis, 21 Juli 2016

Penggerek biji durian

Penggerek biji durian  (Mudaria luteileprosa Holloway)
Gambar Mudaria luteileprosa Holloway
Gejala Serangan
Penggerek biji durian (the hole borer) merupakan hama utama pada perkebunan durian yang diusahakan secara luas.  Diduga hama ini asalnya dari Malaysia kemudian tersebar ke Indonesia, Thailand dan daerah bagian timur lainnya.  Kita tidak dapat menduga dari luar bahwa durian tersebut terserang oleh hama penggerek biji durian. Hama penggerek biji akan menurunkan  kualitas durian dan bagian dari buah yang dimakan akan dikotori. Tidak diketahui bahwa durian telah terinfeksi oleh hama penggerek biji,  baru diketahui pada saat buah tersebut telah dipanen atau pada saat larva telah keluar dari buah durian untuk membentuk pupa.
Morfologi/Bioekologi
Seekor Kupu-kupu dewasa dapat meletakkan telurnya sebanyak 100 butir. Telur diletakkan satu-satu pada buah yang masih muda di dekat tangkai batang. Larva yang menetas dari telur akan membuat lobang pada buah yang masih muda dan masuk kedalam buah menuju biji. Lubang yang dibuat sangat kecil dan  sukar untuk dilihat dan pada saat buah makin membesar lubang tersebut akan tertutup. Perkembangan larva di dalam biji membu-tuhkan waktu sekitar 38 hari. Larva menggerek dan memakan  biji serta kotoran yang keluar akan mengotori daging buah. Larva dapat  hidup didalam biji sampai durian tersebut masak.  Pada saat buah masak larva akan membuat lubang dengan diameter kira-kira sebesar 5.0-8.0 mm dan membentuk pupa di dalam tanah. Stadia pupa berlangsung lebih kurang 1 bulan. Ngengat (imago) dewasa dapat dapat hidup 7-10 hari dan dapat ditangkap  dengan menggunakan perangkap cahaya.
Tanaman Inang Lain
Belum diketahui
Pengendalian
Cara kultur teknis
-    Memusnahkan buah dan biji yang ter-serang.
Cara mekanis
- Membungkus buah durian dengan plastik transparan dan bagian bawahnya dilubangi agar air dapat keluar  pada saat tanaman membentuk buah kira-kira 1,5 bulan atau 6 minggu setelah berbunga.
- Menggunakan perangkap cahaya berupa lampu neon yang berwarna putih untuk menangkap ngengat.
Cara kimiawi
-  Menggunakan insektisida yang efektif, terdaftar dan diizinkan Mentan pada saat tanaman telah selesai berbunga.
- Biji durian yang akan ditanam diseleksi terlebih dahulu, kemudian sebelum ditanam dicelupkan pada insektisida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar